Thursday, 17 August 2017 | 1:05 PM

14 Pelajar Indonesia raih emas lomba matematika internasional

14-pelajar-indonesia-raih-emas-lomba-matematika-internasional

Merdeka.com – Sebanyak 14 pelajar Indonesia berhasil meraih medali emas dalam lomba International Mathematics Contest (IMC) di Singapura pada tanggal 1 – 4 Agustus 2014.

Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA, Ridwan Hasan Saputra, mengatakan raihan juara yang diperoleh pelajar Indonesia pada tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu.

Adapun penghargaan medali yang diperoleh yakni 14 medali emas, 26 medali perak, 53 medali perunggu dan 34 merit award atau penghargaan harapan.

Sementara itu, jumlah peserta yang dikirimkan yakni 129 siswa terdiri dari siswa kelas 3 SD sampai kelas 11 SMA.

Sedangkan total peserta yang ikut dalam kompetisi tersebut mencapai 1.165 siswa dari sembilan negara yakni China, Indonesia, Iran, Korea Selatan, Malaysia, Philipina, Singapura, Taiwan, dan Thailand.

“Bisa dikatakan, sekitar 70 persen pelajar dari Indonesia mendapatkan medali. Sedangkan tahun lalu, hanya 50 persen yang meraih medali,” kata Ridwan yang juga sebagai Pelatih Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, seperti diberitakan Antara, Senin (04/08).

Pelajar perwakilan Indonesia, lanjut Ridwan, berasal dari berbagai kota seperti Denpasar, Makassar, Surabaya, Jember, Sidoarjo, Gresik, Solo, Semarang, Yogyakarta, Purwokerto Pekan baru, Bandung, Jakarta, Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi.

Seluruh pelajar, mendapatkan pelatihan selama dua pekan sebelum mengikuti lomba. Meskipun seluruh pelajar telah mengikuti bimbingan belajar matematika.

“Tahun ini pembinaan kepada anak-anak ditingkatkan hingga hasilnya pun sangat membanggakan dengan raihan medali emas,” ujarnya.

Lomba IMC tahun ini merupakan yang ke 10 dan pelajar Indonesia telah tujuh kali mengikutinya. Lalu, sudah dua tahun pula Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar mengirimkan secara resmi tim nasionalnya di ajang ini.

Adapun keempat belas Peraih medali emas tersebut adalah Jeanice Eliana Setyono dari SDK 6 Penabur Jakarta, Alma Putri Nashrida dari SDI Al Azhar 14 Semarang, M Jilan Wicaksono dari MIN NU Assaadah, M Arif Wibisono dari SDI AL Azhar 9 Kemang Pratama.

Justin Adrian Hasan dari SD Pangudi Luhur 2 Surakarta, Dick Jessen William dari SMP Santa Maria Pekan Baru, Kinantan Arya Bagaspati dari SMPN 2 Purwokerto, Alfian Edgar Tjandra dari SMP Springfield, Prawira Satya Darma dari SMPN 115 Jakarta.

Iqbal Naufal dari SMPN 5 Bandung, Adrianzka Mayreswara Dewa dari SMPI 8 Al Azhar Kemang Pratama, Nicholas Steven Husada dari SMA Saint Peter Jakarta, Eugehan Agahidwivanka dari SMA Negeri Unggulan MH Thamrin Jakarta dan Rezky Arizaputra Feri dari SMA AL Azhar 1 Kebayoran.

 

Sumber