Friday, 28 August 2015 | 7:40 PM
Update Info

Berita Terbaru

MOS Tanpa Perpeloncoan, Bisakah?

MOS Tanpa Perpeloncoan, Bisakah?

Kepala SMA Negeri 9 Bandarlampung Hendro Suyono (kanan berdiri), didampingi Ketua Komite, Dr Ayi Ahadiat (duduk), saat pertemuan dengan orang tua siswa baru tahun 2015. (FOTO: ANTARA Lampung/Budisantoso Budiman)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) – Masa orientasi siswa baru atau MOS bagi pelajar yang baru masuk SMP dan SMA sederajat seringkali dianggap saat paling “menakutkan”. Siswa baru harus menghadapi kakak kelas (baca: senior) maupun alumni yang galak dan “killer”, serta kerapkali “mengerjai” mereka pada saat orientasi siswa baru itu berlangsung dan identik sebagai ajang “perpeloncoan” bagi mereka.

Namun umumnya pihak sekolah di Bandarlampung Provinsi Lampung saat penerimaan siswa baru tahun 2014/2016 ini, justru berani menjamin tidak ada kegiatan perpeloncoan lagi.

Apalagi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan terang-terangan telah melarang praktik perpeloncoan diterapkan bagi para siswa baru dalam MOS tersebut.

Pelaksanaan MOS di SMAN 9 Bandarlampung, salah satu SMA favorit di kota ini, berlangsung tiga hari, 25–27 Juli lalu, diikuti 360 siswa baru di lingkungan sekolah yang hijau dan asri. Mereka harus mengikuti agenda pengenalan Wiyata Mandala atau lingkungan pendidikan yang dipusatkan di aula sekolah ini. Pelaksanaan MOS ini selain Kepala Sekolah Hendro Suyono, juga para guru yang memberikan materi, dibantu panitia dari Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Dua Siswa SMAN 9 Bandarlampung Berhasil Juarai Olimpiade Tingkat Nasional

small_18Juara

BANDARLAMPUNG - SMAN 9 Bandarlampung meraih juara di berbagai perlombaan, dan kabar terbarunya SMAN 9 Bandarlampung mengirimkan 2 siswa, mewakili perlombaan olimpiade geografis dan fisika nasional.

Siswa yang mewakili lomba olimpiade nasional geografis adalah Deni yang berhasil meraih medali perak, dan untuk kategori olimpiade fisika adalah Zaki. Selain berprestasi dalam olimpiade nasional tersebut, Deni dan Zaki juga telah banyak menjuarai perlombaan-perlombaan lainya seperti kejuaraan tingkat kota serta provinsi.

Deni dan Zaki mengungkapkan kepada translampung.com terkait sistem penilaian pada olimpiade geografis dan fisika tingkat nasional yang berhasil mereka berdua juarai. Read More »

Peserta MOS SMAN 9 Bandar Lampung Diharuskan Pajang Foto Idola

Siswa baru mengikuti MOS di SMAN 9 Bandar Lampung, Senin (27/7). LAMPOST.CO/RUDIYANSYAH

BANDAR LAMPUNG — Memasuki masa orientasi siswa (MOS), beberapa sekolah di Bandar Lampung menjamin tidak akan ada kegiatan perploncoan.

Pengamatan Lampost.co di SMAN 9 Bandar Lampung, Senin (27/7/2015), sebanyak 360 siswa baru mengikuti agenda pengenalan wiyata mandala (lingkungan pendidikan) di aula sekolah. Pada kegiatan tersebut seorang guru memberikan materi dengan dibantu panitia dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Kepala SMAN 9 Bandar Lampung Hendro Suyono menyebut para siswa senior khususnya anggota OSIS sengaja dilibatkan. “Ini harus menjadi ajang keakraban, menumbuhkan kekeluargaan, dan memberikan pengetahuan mulai dari visi misi sekolah hingga lainnya,” kata Hendro ditemui di sekolah.

Informasi Tes Potensi Akademik

Diberitahukan kepada Siswa Baru kelas X (Sepuluh) TP. 2015-2016 untuk dapat mengikuti :

Kegiatan : Tes Potensi Akademik / Peminatan
Hari, Tanggal : Rabu, 08 Juli 2015
Pukul : 07:00 WIB
Tempat : SMA Negeri 9 Bandar Lampung (Ruang Kelas)
Pakaian : Seragam SMP