INFORMASI
: - Thursday, 26-11-2020
  • Pelepasan Mahasiswa PPL UIN Raden Intan Lampung (1 minggu yang lalu)
  • Drs.H. Suharto, M.Pd. Kepala Sekolah Yang Berdedikasi & Punya Talenta Tinggi (2 bulan yang lalu)
  • KPU kota Medan ( Jefrizal SH.MH dan Aci SH.MH) melakukan verifikasi legalitas dan keabsahan ijazah kota medan (2 bulan yang lalu)
  • Persiapan KBM Tatap Muka (3 bulan yang lalu)
  • Dirgahayu Republik Indonesia ke 75 (3 bulan yang lalu)
  • HUT Pramuka ke 59 (3 bulan yang lalu)
  • Dr. Hi. M. Kadhafi, SH, MH, Anggota DPR RI Komisi X Adakan Ramah Tamah dengan Keluarga SMAN 9 Bandar Lampung (3 bulan yang lalu)
  • Rombongan Belajar Kelas X (4 bulan yang lalu)
  • Panduan dan Jadwal MPLS Daring SMA Negeri 9 Bandar Lampung (4 bulan yang lalu)
  • Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (Masa Pandemi) Tahun Ajaran 2020-2021 (4 bulan yang lalu)
  • Informasi MPLS SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021 (4 bulan yang lalu)
  • Daftar Ulang PPDB 2020 SMA Negeri 9 Bandar Lampung (5 bulan yang lalu)
  • Pengumuman Lulus Seleksi PPDB SMAN 9 Bandar Lampung Tahun 2020 (5 bulan yang lalu)
  • Pendaftaran PPDB SMA Online (5 bulan yang lalu)
  • Cara Pendaftaran PPDB Online Tahun 2020 Provinsi Lampung (5 bulan yang lalu)

Afeksi atau afektif merupakan salah satu domain dari proses pembelajaran. Seperti kita ketahui bahwa domain dalam pembelajaran yaitu kognitif,  psikomotor dan afeksi. Bebeda dari domain kognitif dan psikomotor, afeksi akan melihat dari sisi metal sporitual seorang anak. Hal ini lebih menekankan kepada pembentukan kepribadian anak.

Beberapa definisi afeksi yang dipaparkn oleh Luk luk Nur Mufidah dalam tulisannya yang berjudul Pendidikan Afektif dan Implikasinya terhadap Model dan Desain Pembelajaran (2009) diantaranya:

  1. Pendidikan afektif berarti pendidikan untuk pengembangan sosial-individu, perasaan, emosi, moral, etika. Aspek-aspek ini sering terisolasi dalam kurikulum.
  2. Pendidikan untuk afektif menunjukkan bahwa pendidikan adalah membentuk siswa menjadi manusia, karena inti pendidikan harus dikaitkan dengan afektif, juga tidak bisa dipisahkan dengan aspek-aspek lain dalam kurikulum.
  3. Perkembangan afektif adalah proses perkembangan individu atau perubahan-perubahan internal untuk menjadi individu yang baik dan juga masyarakat sosial yang baik.
  4. Pendidikan pengembangan afektif adalah proses pemikiran yang matang tentang intervensi dalam perkembangan siswa, ini meliputi afektif sebagai bagian dari subjek terkecil yang diintegrasikan dalam kurikulum.
  5. Domain afektif berarti komponen-komponen perkembangan afektif yang terfokus pada proses atau perubahan-perubahan internal atau kategori tingkah laku dalam pendidikan afektif sebagai sebuah proses atau produk akhir.

Bila kita melihat definisi yang telah dipaparkan diatas,maka kita dapat melihat betapa pentingnnya pendidikan afeksi dalam mencapai keberhasilan seorang anak. Anak tidak hanya cerdas dan terampil dalam menguasai ilmu pengetahuan, tapi anak juga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sosialnya. Anak dapat menguasai dirinya dalam kehidupan bermasyarakat dengan baik. Kemampuan afeksi yang baik akan mendukung kesuksesan anak dalam kehidupan.

Pendidikan afeksi merupakan pengembangan karakter individu, sosial,  perasaan, emosional, moral dan etika. Pendidikan afeksi bukanlah pendidikan ekslusif yang hanya dapat diperoleh melalui sekolah atau jenjang pendidikan formal. Pendidikan afeksi justru harus diberikan kepada anak sedini mungkin, sejak kecil. Karena pendidikan afeksi akan membentuk kaakter seseorang.

Keluarga merupakan sekolah awal bagi anak untuk mendapatkan pendidikan afeksi. Karena dalam keluargalah anak  tumbuh mendapatkan pendidikannya.

Tetapi dengan perkembangan zaman saat ini orang tua sering abai terhadap pendidikan afeksi dalam kehidupan sehari-hari. Kesibukan dan kebutuhan hidup keluarga yang sering menjai faktor orang tua sering abai terhadap afeksi anak.Bila kita meliha kondisi saat ini, dimana pandemi terjadi dan menuntut kita untuk melakukan berbagai aktivitas dari rumah dapat kita jadikan momentum untuk memparbaiki pendidikan afeksi anak.  Interaksi dalam keluarga akan terjadi lebih sering. Orang tua saat ini seharusnya dapat memanfaatkannya untuk berbagi kisah, menanamkan hal-hal baik kepada anak.

Kematangan domain afeksi akan sanagat tergantung pada interaksi dan aktivitas sehari-hari anak. Curahan kasih sayang orang tua secara penuh dalam membentuk karakter anak akan sangat berpengaruh terhadap kematangan afeksinya. Beberpa hal yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan afeksi anak semasa pandemi ini dalam kehidupan keluarga:

  1. Menghargai orang lain.Orang tua dapat memberikan apresiasi terhadap semua hal baik yang telah dilakukan anak selama di rumah
  2. Bertanggung jawab. Orang tua dapat mendampingi anak dalam mengerjakan tugas-tugas selama belajar di rumah, dan membuat anak untuk bertanggung jawab terhadap seluruh tugas sekolah yang diberikannya.
  3. Berbagi dan bergotong royang. Saat ini anak bisa diajarkan untuk berbagi agar merasakan kesulitan orang lain disekitarnya.
  4. Berfikir positif. Memberi semangat anak dalam belajar jarak jauh yang tidak mudah ini membangun mental mereka untuk selalu berfikir positif dalam menyelesaikan semua permasaahan.

Banyak  hal bisa dilakukan di masa pandemi ini dalam membangun pendidikan afeksi di rumah. Keluarga dapat mengambil peran utama dalam proses kematangan domain afeksi anak. Masa pandemi yang sulit ini dapat dijadikan momentum untuk mengembalikan keluarga sebagai tempat pendidikan utama anak.

Sumber:

Nur Mufidah, Lul Luk, Pendidikan Afektif dan Implikasinya terhadap Model dan Desain Pembelajaran, Tadris Vol 4, 2009

 

Pendidikan Afeksi dalam Masa Pandemi

Hubungi Kami

Kampus: Jalan Panglima Polem No. 18
Kel. Segala Mider. Bandar Lampung
Email: sman9bdl@gmail.com
Tel: +(62) 721-772-924 / +(62) 721-701-387

Senin-Kamis, Sabtu : 07.00 – 15.45 WIB
Jumat: 06.40 – 14.45
Minggu: Tutup

Visitor Counter

036901
Users Today : 57
This Month : 1749
This Year : 26524
Total Users : 36901
Views Today : 178
Total views : 99321
Your IP Address : 185.191.171.8
Server Time : 2020-11-26