Friday, 8 November 2019 | 9:24 PM

CERAMAH WAWASAN KEBANGSAAN BELA NEGARA

SMA Negeri 9 Bandar Lampung menjadi salah satu sekolah yang menjadi tempat diselenggarakannya Ceramah wawasan kebangsaan bela negara dalam rangka pembinaan teritorial terpadu TA.2019 yang di berikan langsung oleh KODIM 0410 / Kota Bandar Lampung.

Sebagai negara kepulauan terbesar dunia, posisi geografis Indonesia membentang pada koordinat 6 LU – 11.08’ LS dan 95 BT – 141.45’ BT dan terletak di antara dua benua, Asia di utara, Australia di Selatan, dan dua samudera yaitu Hindia/Indonesia di barat dan Pasifik di timur. Dalam perspektif geopolitik, bentangan posisi geografis ini tentu saja menjadikan Indonesia sebagai Negara yang memiliki bargaining power dan bargaining position strategis dalam percaturan dan hubungan antar bangsa, baik dalam lingkup kawasan maupun global.

Bertambahnya ruang negara atau berkurangnya ruang negara oleh berbagai jenis sebab, selalu dikaitkan dengan kehormatan dan kedaulatan negara dan bangsa. Maka dari itu dalam kaitan kepentingan nasional itulah, bangsa Indonesia tentu saja harus senantiasa mengembangkan dan memiliki kesadaran ruang (space consciousness) dan kesadaran geografis (geographical awareness) sebagai Negara kepulauan.

Pentingnya wawasan kebangsaan ini di berikan kepada peserta didik untuk mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai warga negara dan peserta didik. dan harapannya peserta didik dapat mengetahui dan memahami pentingnya menjaga keutuhan bangsa.

Wawasan kebangsaan yang diberikan kepada peserta didik yang terdiri dari kelas X, XI dan XII berjalan dengan lancar. Terlihat peserta didik begitu antusias dan serius memperhatikan pemaparan materi yang diberikan oleh KODIM 0410 / Kota Bandar Lampung .