Friday, 23 June 2017 | 7:11 PM

Dahlan berambisi ubah buku pelajaran jadi tablet

Anak-anak menggunakan tablet. © Telegraph.co.uk

Anak-anak menggunakan tablet. © Telegraph.co.uk

Merdeka.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana mengubah pola pendidikan masyarakat khususnya bagi pelajar. Melalui perusahaan penerbitan dan percetakan milik negara PT Balai Pustaka, Dahlan ingin menggenjot penggunaan buku elektronik atau e-book.

Menteri BUMN, Dahlan Iskan, mengatakan pengembangan buku elektronik ini bakal dimuat terlebih dahulu di 1.000 gadget dengan model mirip tablet.

“Jadi nanti anak-anak mulai SD hingga SMP tidak perlu membawa buku berat-berat lagi, cukup bawa tablet. Jadi isi tablet semuanya buku pelajaran, tidak ada yang lain,” ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (21/8).

Dalam pengembangan buku elektronik, Balai Pustaka nantinya akan bekerja sama dengan pemerintah daerah terutama untuk masalah pendanaan.

“Cari budget yang relatif terjangkau terutama Pemda tempat masing-masing, modelnya seperti iPad tapi tidak perlu internet. Isinya hanya buku-buku pelajaran saja,” jelas dia.

Menurut Dahlan, rencana ini akan lebih dulu menyasar daerah di kepulauan. “Kepulauan Riau karena kepulauan kan ingin cepat maju, modernisasi alatnya, kembangkan secara khusus,” ungkapnya.