Monday, 20 November 2017 | 7:28 AM

Gerakan Literasi SMA Negeri 9 Bandar Lampung Sebagai SMA Rujukan

Membaca-menulis (literasi) merupakan salah satu aktifitas penting dalam hidup. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik mempengaruhi tingkat keberhasilan baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

SMA Negeri 9 Bandar Lampung  merupakan sekolah yang ditunjuk Direktorat Pembinaan SMA untuk melaksanakan Program SMA Rujukan. Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah Gerakan Literasi. Pada tahun 2017, gerakan literasi sekolah di SMA Negeri 9 Bandar Lampung telah memasuki tahun ke-2 dan memasuki tahap pengembangan.

Implementasi dari kegiatan tersebut, pada hari Selasa, 05 Agustus 2017 telah dilaksanakan kegiatan literasi sebagai pemantapan SMA Rujukan yang di ikuti oleh siswa/siswi, guru, komite, SMA Negeri 9 Bandar Lampung dan beberapa perwakilan peserta didik dari beberapa sekolah imbas. Kegiatan ini juga dibuka oleh Bpk.  Vira Murti Adhi, S.Pd, Selaku Waka. Bidang Kurikulum di Perpustakaan SMA Negeri 9 Bandar Lampung.
Adapun kegiatan yang akan dilakukan dalam Gerakan Literasi ini adalah?

1.    SeMinar dan Workshop
Seminar dilakukan, sekaligus sebagai launching project. Peserta dalam kegiatan seminar literasi ini adalah perwakilan penyelenggara sekolah, pimpinan sekolah, guru, dan siswa/siswi. Workshop dilakukan secara berkala untuk meningkatkan kemampuan literasi warga sekolah peserta gerakan. Sasaran peserta workshop bervariasi bergantung pada materi workshop. Adapun materi workshop yang dilaksanakan di SMA Negei 9 bandar Lampung adalah :
o    Teknik-Teknik Membaca Efektif
o    Menulis Dasar (Basic Writing) untuk siswa SD
o    Menulis Kreatif Terstruktur dengan Pendekatan Jurnalisme Sastrawi, untuk siswa/siswi dan Guru

2.    Lomba Literasi (Membaca – Menulis)
Lomba literasi dilakukan untuk semakin menumbuhkan kebutuhan membaca-menulis kepada warga sekolah. Lomba literasi bisa diintegrasikan dengan kegiatan sekolah seperti pada peringatan Bulan bahasa. Lomba diadakan pada tingkat sekolah (antar siswa) maupun pada tingkat daerah (antar sekolah).Beberapa jenis kegiatan lomba literasi yang bisa dilakukan antara lain: speed reading contest, comprehensive reading contest, story telling competition.

3.    Pojok Buku
Pemberian penghargaan ini dilakukan melalui kegiatan bertajuk Literacy Award, yakni sebuah program pemberian penghargaan kepada pihak-pihak yang dinilai berpartisipasi dan berperan baik secara langsung maupun tidak, dalam usaha penyadaran literasi bangsa melalui Gerakan Literasi Sekolah ini.

Sasaran penerima Literacy Award adalah sekolah secara kelembagaan, guru/tenaga pendidik, siswa, perusahaan peduli literasi, dan perorangan yang telah berpartisipasi. Penghargaan berupa piagam penghargaan dan dana pembinaan untuk peningkatan kesadaran literasi lebih lanjut. Kegiatan ini dilaksanakan berkala bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.

4.    Pameran Buku
Pameran buku (book expo) adalah kegiatan bazar buku yang dilakukan di perpustakaan SMA Negeri 9 Bandar Lampung. dengan menampilkan buku-buku bacaan terbaru denga harapan siswa/siswi dan guru-guru lebih senang dalam membaca