Friday, 23 June 2017 | 7:05 PM

Guru dan Siswa SMAN 9 Berbagi 5 Hewan Kurban

Guru dan Siswa SMAN 9 Berbagi 5 Hewan Kurban

Guru dan Siswa SMAN 9 Berbagi 5 Hewan Kurban

Momen Idul Adha tak terlewatkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 9 Bandarlampung, Selasa (15/10). Tiga ekor sapi dan 2 ekor kambing, dipotong di halaman sekolah untuk ajang berbagi dengan orangtua murid dan masyarakat sekitar.

Waka Humas SMAN 9 Bandarlampung, Habibina mengatakan, pihak sekolah melaksanakan kegiatan berkurban ini untuk mensyukuri nikmat dari Allah SWT.

“Ya, ini salah satu bentuk rasa syukur kita kepada yang Maha Kuasa. Jadi kita bersama dengan para guru mengeluarkan apa yang kita punya untuk berkurban,” katanya, di sela-sela kegiatan, Selasa (15/10).

Ia menambahkan, kegiatan berkurban yang dilaksanakan di SMA Negeri 9 Bandarlampung tersebut sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Tahun-tahun sebelumnya juga digelar.
Dengan berkurban, kata Habibina, juga bisa memberikan pengajaran bagi siswa-siswa, agar anak didik bisa melestarikan ibadah kurban.

“Anak-anak mendapatkan pengalaman tentang berkurban, mereka juga membantu menguliti. Daging kurban ini akan kita bagikan kepada lingkungan sekitar dan orangtua siswa yang kurang mampu serta warga sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, Yohana, Guru Agama Islam SMAN 9 Bandarlampung mengatakan, berkurban bisa menjadi media pembelajaran bagi siswa karena bisa mempraktekan materi tentang berkurban di lapangan.

“Yang jelas, dari berkurban ini rasa sosial yang ditonjolkan. Sepertiga untuk yang berkurban, lainnya sedekah untuk fakir miskin dan hadiah bagi teman dan tetangga,” terangnya.

Ditambahkannya, daging kurban tidak boleh disimpan lama, lebih dari tiga hari. Untuk itu, perlu cepat dibagikan.

Ditempat yang sama, Kepala SMAN 9 Bandarlampung, Drs. Hendro Suyono mengatakan, tahun ini pihaknya memotong 3 ekor sapi, dan 2 ekor kambing, dengan rincian 2 ekor sapi partisipasi para guru dan satu ekor sapi dari alumnus SMAN 9 Bandarlampung. Sementara untuk 2 ekor kambing dari siswa-siswi SMAN 9 Bandarlampung.