Saturday, 22 July 2017 | 3:42 AM

Inilah 10 Jurusan Kuliah Paling Banyak di Minati

Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi pasti tidak ingin salah langkah dengan memilih jurusan kuliah nantinya. Karena sebaiknya Anda memilih jurusan kuliah sesuai dengan apa yang Anda sukai sesuai minat Anda.

Memilih jurusan kuliah yang tepat menjadi tantangan tersendiri bagi para siswa SMA/sederajat. Selain passion, mereka kerap menjadikan prospek kerja sebagai faktor utama yang mendasari pilihan jurusan kuliah.

2014050910113718957

Setidaknya ada sepuluh jurusan kuliah yang menjadi favorit dan incaran siswa SMA/sederajat.

1. Teknologi Informasi

Sarjana teknologi informasi sangat dibutuhkan di era globalisasi, mengingat perkembangan teknologi informasi sangat pesat. Prospek kerja yang besar ini membuat jurusan teknologi informasi menjadi favorit.

2. Akuntansi

Ini termasuk ilmu yang sulit namun banyak peminat. Prospek kerja lulusan akuntansi masih sangat dibutuhkan perusahaan. Gaji tinggi juga menjadi salah satu pertimbangan pemilihan jurusan akuntansi.

3. Ekonomi

Selain minat mendalami ilmu ekonomi, siswa memilih ilmu ekonomi karena prospek kerjanya yang sangat luas. Faktor ini biasanya lebih mendominasi.

4. Kedokteran

Inilah primadona dari kelompok ilmu eksakta. Tidak hanya cerdas, mahasiswa kedokteran juga harus teliti karena keputusan yang akan diambilnya sebagai dokter berhubunguan dengan nyawa seseorang.

5. Komunikasi

Passing grade tinggi dalam seleksi pada ilmu komunikasi tidak menyurutkan minat siswa memilih bidang kajian ini. Lapangan kerja dan pergaulan yang luas menjadi keuntungan pemilih ilmu komunikasi di bangku perguruan tinggi.

6. Psikologi

Keunikan psikologi menjadi daya tarik siswa mengambil jurusan ini. Psikologi mengajari kita cara membaca perilaku dan kondisi mental seseorang. Psikolog juga diharapkan mampu menemukan solusi atas permasalahan yang tengah dihadapi seseorang terkait dengan tingkah lakunya.

7. Hubungan Internasional

Banyak orang tertarik ilmu hubungan internasional karena sifatnya yang lintas disiplin. Di jurusan ini, kita dapat mempelajari aspek baik politik, sosial, ekonomi, dan budaya dengan perspektif dunia internasional. Kebanyakan lulusan hubungan internasional berharap menjadi atase atau diplomat.

8. Hukum

Lulusan ilmu hukum dapat bekerja di berbagai sektor, baik negeri maupun swasta. Cakupan ilmunya yang luas, seperti hukum pidana, perdata, internasional dan lain-lain, membuat banyak orang tertarik mendalami bidang tersebut.

9. Sastra Inggris

Mahasiswa jurusan ini tidak hanya belajar bahasa Inggris, tetapi juga budaya. Jurusan sastra Inggris masih menjadi favorit karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan dalam komunikasi lintas negara.

10. Teknik Pertambangan dan Perminyakan

Keberadaan jurusan teknik pertambangan dan perminyakan diperlukan sebagai jawaban atas kebutuhan akan sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengelola hasil alam Indonesia. Alasan lainnya, prospek karier dan standar gaji lulusan kedua jurusan ini termasuk tinggi.

 

 

Sumber: kesekolah.com