Tuesday, 23 October 2018 | 12:53 PM

Kunjungan Siswa/i SMAN 9 Bandar lampung ke Dunia Usaha dan Dunia Industri Keripik Tahu Ibu Lis Gading Rejo

Pada hari Rabu, 26 September 2018, Siswa/i SMAN 9 Bandar Lampung melakukan kunjungan ke Pabrik Keripik Tahu Ibu Lis di Kecamatan Gading Rejo. Kunjungan ini sebagai bagian dari Program SMA Rujukan tahun 2018 untuk mengenalkan siswa atas sisi kewirausahaan di Dunia Usaha dan Dunia Industri.


Kunjungan dilakukan ke pabrik tahu yang dimiliki oleh Ibu Lis. Pemilik usaha ini menyambut kedatangan rombongan dengan sangat baik. Kegiatan diisi dengan penuturan dari Ibu Lis, mulai dari awal munculnya ide untuk mendirikan pabrik tahu, hingga memaintain pemasaran.

Ibu Lis menceritakan sejarah usaha pabrik tahu

Ibu Lis menceritakan sejarah usaha pabrik tahu

Kunjungan ini juga diisi dengan sesi tanya-jawab agar siswa bisa mendapatkan jawaban atas hal-hal yang mereka kurang mengerti atau ingin tahu tentang sisi usaha dari pabrik tahu ini. Siswa banyak yang bertanya dan dijawab dengan antusias oleh Ibu Lis.

Sesi tanya-jawab

Sesi tanya-jawab

Setelah sesi Tanya-Jawab selesai, kegiatan ini dilanjutkan dengan melihat langsung proses produksi tahunya. Siswa dijelaskan langkah-langkah produksi yang dilakukan, mulai dari proses perendaman kedelai, penggilingan, perebusan, pemberian cuka, penyaringan ampas tahu, pencetakan, hingga proses pengiriman ke pasar.

Kegiatan ditutup dengan pemberian plakat sebagai kenang kenangan dari SMA negeri 9 Bandar Lampung yang diterima langsung oleh Ibu Lis selaku pemilik industri Keripik Tahu.