Thursday, 17 August 2017 | 1:05 PM

Lulusan SMAN 9 Bandarlampung terbanyak diterima SNMPTN

Bandarlampung (ANTARA News) – Lulusan SMA Negeri 9 Bandarlampung terbanyak di Provinsi Lampung yang diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Kepala SMAN 9 Bandarlampung Drs Hendro Suyono, didampingi Ketua Komite sekolah ini, Ayi Ahadiat, di Bandarlampung, Selasa, menyatakan bahwa tahun ajaran 2014/2015 ini, secara keseluruhan 100 persen dari 267 siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer Based Test/CBT) berhasil meraih kelulusan.

SMAN 9 Bandarlampung merupakan satu dari 14 sekolah SMP dan SMA sederajat negeri maupun swasta di Provinsi Lampung yang melaksanakan UN CBT tahun 2015 ini.

“Kelulusan siswa tahun pelajaran 2014/2015 di SMAN 9 Bandarlampung mencapai 100 persen,” ujar Hendro.

Dia merincikan dari jumlah siswa yang lulus sebanyak 267 siswa tersebut, lulusan yang diterima melalui hasil seleksi SNMPTN undangan tanpa tes tertulis di berbagai PTN seluruh Indonesia mencapai 124 lulusan.

Mereka diterima di Universitas Indonesia (UI) Jakarta tiga lulusan, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung empat lulusan, Institut Teknologi Bandung (ITB) juga empat lulusan, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta sebanyak 12 lulusan, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dua lulusan, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo satu lulusan, Universitas Brawijaya (Unbraw) Malang lima lulusan, dan Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang enam lulusan.

Selain itu, di PTN Provinsi Lampung, lulusan SMAN 9 Bandarlampung yang diterima lewat jalur undangan SNMPTN di Universitas Lampung (Unila) sebanyak 84 lulusan, dan IAIN Raden Intan Bandarlampung sebanyak tiga orang lulusan.

“Keberhasilan lulusan SMAN 9 Bandarlampung lulus lewat jalur SNMPTN itu mencapai 46,44 persen dari keseluruhan siswa yang kelulusannya 100 persen dari 267 siswa peserta UN tahun ini,” kata Hendro.

Menurutnya, dibandingkan hasil kelulusan SNMPTN tahun lalu, dari 291 siswa yang lulus diterima lewat jalur SNMPTN sebanyak 149 siswa atau 51,20 persen, berarti terjadi penurunan 4,76 persen diterima SNMPTN pada tahun ini.

“Tetapi secara umum untuk raihan SNMPTN tahun ini, SMAN 9 Bandarlampung masih yang tertinggi untuk di Provinsi Lampung,” kata dia.

Raihan urutan kedua terbanyak diterima SNMPTN di Lampung tahun ini adalah lulusan SMA YP Unila, dan urutan ketiga lulusan SMAN 2 Bandarlampung.

Pewarta: Budisantoso Budiman

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2015