Tuesday, 23 October 2018 | 11:55 AM

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMA Negeri 9 Bandar Lampung

MPLS yang sebelumnya disebut Masa Orientasi Siswa ( MOS ) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS ) merupakan salah satu wahana untuk memperkenalkan siswa terhadap lingkungan sekolah. Selain itu MPLS juga merupakan sebuah sarana untuk melatih ketahanan mental disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. Dalam kegiatan MPLS siswa diperkenalkan dengan kondisi riil sekolah yang meliputi peraturan sekolah ,tata tertib sekolah,cara belajar, tata krama kedisiplinan, norma-norma agama, sarana dan prasarana sekolah, lingkungan sekolah dan lain-lain.

Adapun tujuan dari kegiatan MPLS ini adalah :

  1. Membantu siswa lebih mengenal lingkungan pendidikan sekolah yang baru,sehingga tercipta suasana edukatif yang kondusif.
  2.  Membantu siswa agar mampu beradaptasi dan menyatu dengan warga sekolah,lingkungan sekolah, mengetahu hak dan kewajiban serta mapu bertanggung jawab dalam kehidupan sekolah
  3. Mendorong siswa untuk memulai kebiasaan belajar bersama dan berkelompok memulai diskusi.
  4.  Memotivasi siswa agar merasa bangga terhadap sekolah yang dipilihnya sehingga dapat memahami dan melaksanakan aturan-aturan sekolah baru dengan baik.
  5. Menjaga nama baik sekolah dan memberikan kontribusi yang positif baik secara internal maupun eksternal.
  6. Menanamkan sedini mungkin etika yang baik kepada siswa yang pada prinsipnya calon peserta didik baru memasuki masa perkembangan karakter.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ini yang di awali dengan kegiatan Pra MPLS hingga sampai dengan hari ke-4 penutupan kegiatan sekaligus pengesahan siswa baru. Bapak Kepala sekolah SMA Negeri 9 Bandar Lampung Bapak Drs. H. Suharto, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan “semoga peserta didik baru tahun ajaran 2018/2019 ini bisa mengembangkan diri yang lebih berkarakter di lingkungan baru untuk mencapai cita-cita yang diinginkan di masa depan sebagai siswa SMA Negeri 9 Bandar Lampung yang cerdas, disiplin, siap, sigap dan terdepan”. Diakhir acara MPLS ditutup dengan penyopotan tanda peseta sudah dinyatakan lulus dalam tahap masa pengenalan lingkungan sekolah.