Thursday, 17 August 2017 | 1:06 PM

Penerapan SKS Pada TP. 2012–2013

smalan2

SKS dalam Standar Isi diartikan sebagai sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya menentukan sendiri beban belajar dan mata pelajaran yang diikuti setiap semester pada satuan pendidikan. Beban belajar setiap mata pelajaran pada sistem kredit semester dinyatakan dalam satuan kredit semester (sks). Beban belajar satu sks meliputi satu jam pembelajaran tatap muka, satu jam penugasan terstruktur, dan satu jam kegiatan mandiri tidak terstruktur.

SKS memberi kemungkinan layanan yang lebih variatif dan fleksibel sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat peserta didik. Oleh karena itu, penerapan SKS diharapkan bisa mengakomodasi kemajemukan potensi peserta didik. Melalui SKS, peserta didik juga dimungkinkan untuk menyelesaikan program pendidikannya lebih cepat dari periode belajar yang ditentukan dalam setiap satuan pendidikan.

Penyelenggaraan SKS di SMAN 9 Bandarlampung  merupakan suatu upaya inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pelaksanaan SKS perlu didukung pengelolaan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Efektif dalam arti dapat menghasilkan pembelajaran yang fokus sesuai dengan karakter mata pelajaran. Efisien memiliki arti pendidik dan peserta didik bisa melaksanakan proses pembelajaran dengan tepat dan cermat sesuai dengan kewajiban masing-masing.

Naskah Panduan Pelaksanaan  SKS di SMAN 9 Bandarlampung sedang dalam tahap penyusunan oleh  Tim Pengembang Kurikulum bertujuan sebgai panduan pelaksanaan SKS d sekolah. Panduan ini menguraikan tentang pengertian, prinsip, prosedur  penyelenggaraan SKS, komponen beban belajar, penetapkan beban belajar, beban belajar minimal dan maksimal, komposisi beban belajar, kriteria pengambilan beban belajar, serial mata pelajaran, penilaian, penentuan indeks prestasi, dan kelulusan, dan pelaksanaan moving class. Diuraikan pula tentang strategi, implementasi dan evaluasi pelaksanaan.

Dalam rangka persiapan pelaksanaan SKS di SMAN 9 Bandarlampung, SMAN 9 Bandarlampung kini giat melaksanakan workshop serta pelatihan tentang pelaksanaan SKS, dan melakukan studi banding ke SMAN 78 Jakarta.