Thursday, 19 September 2019 | 11:52 AM

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020

Kegiatan PPDB dimaksudkan untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi Warga Negara Indonesia usia sekolah yang memenuhi syarat tertentu untuk memperoleh pendidikan pada jenjang dan jenis sekolah secara obyektif, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sistem penerimaan siswa/i SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020.

Juknis ini bertujuan mewujudkan perluasan dan pemerataan pendidikan dan peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan. Dalam juknis ini telah memperhatikan daya tampung berbagai sekolah yang terbatas dan Kebijakan Pemerintah Provinsi Lampung dalam pemetaan kualitas pendidikan. Dengan adanya juknis ini diharapkan dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2019/2020 di SMA Negeri 9 Bandar Lampung dapat terlaksana seoptimal mungkin dengan prinsip-prinsip serta tujuan sebagaimana tersebut di atas.

PPDB SMA Negeri 9 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020 dilaksanakan dengan menggunakan mekanisme online dengan sistem zonasi, prestasi, perpindahan tugas orang tua, dan mengakomodasi calon peserta didik dari keluarga kurang mampu dengan ketentuan sebagai berikut :

Sistem Zonasi

Sistem zonasi adalah sistem penerimaan calon peserta didik baru yang didasarkan pada zona tempat tinggal calon peserta didik dengan lokasi sekolah yang di pilih, dengan ketentuan:

  1. Pendaftaran dilaksanakan dengan sistem online di masing-masing satuan pendidikan pilihan pertama dengan menggunakan nomor ujian nasional SMP/MTs atau yang sederajat.
  2. Sitem Zonasi setiap satuan pendidikan menerima minimal 90% calon peserta didik baru dari kuota yang ditentukan. Untuk SMA Negeri 9 Bandar Lampung jumlah kuota PPDB yakni 360 Siswa
  3. Zona ditentukan berdasarkan kecamatan tempat satuan pendidikan berada dan ditambah dengan seluruh kecamatan yang berbatasan langsung dengan kecamatan yang dimaksud. Untuk SMA Negeri 9 Bandar Lampung Kecamatan yang di akomodir (Tanjung Karang Barat, Langkapura, Kemiling, Tanjung Karang Pusat, Kedaton, Labuhan Ratu, Teluk Betung Selatan, Teluk Betung Barat)
  4. Dalam hal sistem zonasi jika jumlah pendaftar melebihi daya tampung satuan pendidikan, maka akan diadakan perankingan berdasarkan jarak tempat tinggal calon peserta didik baru terhadap satuan pendidikan yang dipilih dari jarak terdekat hingga jarak yang terjauh.
  5. Bagi calon peserta didik baru yang berdomisili di daerah perbatasan Kabupaten/Kota serta berdekatan dengan salah satu SMA Negeri di Kabupaten/Kota tersebut diperbolehkan untuk mendaftar sebagai calon peserta didik baru di sekolah tersebut.
  6. Bagi calon peserta didik baru yang berdomisili di daerah perbatasan Provinsi Lampung serta berdekatan dengan salah satu SMA Negeri di Provinsi Lampung diperbolehkan untuk mendaftar sebagai calon peserta didik baru di sekolah tersebut.

Sistem Prestasi


Sistem prestasi adalah sistem penerimaan calon peserta didik baru yang didasarkan pada kemampuan yang lebih dari calon peserta didik dibandingkan dengan calon peserta didik lainnya, dengan ketentuan:

  1. Prestasi yang dapat diperhitungkan adalah prestasi cabang akademik maupun non akademik meliputi kejuaraan/lomba yang berjenjang yang dilaksanakan oleh Pemerintah/Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan/Kementrian Agama/ Pemerintah Daerah baik perseorangan atau beregu yang diperoleh dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir.
  2. Sistem prestasi setiap satuan pendidikan menerima maksimal 5% calon peserta didik baru dari kuota yang ditentukan.
  3. Calon peserta didik berprestasi dalam bidang akademik ditentukan berdasarkan skor piagam atau surat keterangan yang dimiliki, terdiri dari:
    a) Olimpiade Sains Nasional/Internasional (OSN/I) S/M;
    b) LCT Mata Pelajaran S/M;
    c) Nilai UN tertinggi 1, 2, dan 3 paralel di sekolah asal calon peserta didik S/M.
  4. Calon peserta didik berprestasi dalam bidang non akademik ditentukan berdasarkan skor piagam atau surat keterangan yang dimiliki, terdiri dari:
    a) Olimpiade Olahraga Siswa Nasional/Internasional (O2SN/I) S/M;
    b) Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional/Internasional (FLS2N/I) S/M;
    c) Lomba Cipta Seni Pelajar Nasional/ Internasional (LCSPN/I) S/M;
    d) Kuis Ki Hajar (Kita Harus Belajar);
    e) Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari);
    f) Lomba Karya Jurnalistik Siswa Nasional (LKJS) S/M;
    g) Lomba Cerdas Cermat (LCC) S/M
    h) Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) S/M;
    i) Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN);
    j) Peserta jambore pramuka;
    k) Lomba Tingkat Pramuka;
    l) Hafidz Qur’an
  5. Skor piagam berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik ditentukan berdasarkan tabel berikut:

6. Khusus calon peserta didik yang hafidz Al-Qur’an diberi skor:
a) Hafidz 20 s/d 30 juz mendapat skor 400
b) Hafidz 10 s/d 19 juz mendapat skor 380
c) Hafidz 3 s/d 9 juz mendapat skor 360
d) Hafidz 1 s/d 2 juz mendapat skor 340

7. Dalam hal calon peserta didik baru pada sistem prestasi tidak terpenuhi maka tempat yang masih tersedia akan diisikan oleh calon peserta didik dari sistem zonasi.

Sistem Perpindahan Tugas Orang Tua

Sistem perpindahan tugas orang tua adalah sistem penerimaan calon peserta didik baru yang didasarkan pada kepindahan tugas orang tua calon peserta didik baru, dengan ketentuan:

  1. Sistem perpindahan tugas orang tua, diberikan maksimal 5% dari kuota yang ditentukan kepada colon peserta didik yang orang tuanya pindah tugas.
  2. Calon peserta didik baru disarankan dapat memilih satuan pendidikan yang letaknya berdekatan dengan tempat tinggal baru orang tua calon peserta didik.
  3. Dalam hal jumlah calon peserta didik baru melebihi kuota yang telah ditentukan maka calon peserta didik yang akan diterima ditentukan oleh urutan waktu pendaftaran yang lebih awal.
  4. Dalam hal calon peserta didik baru pada sistem perpindahan tugas orang tua tidak terpenuhi maka tempat yang masih tersedia akan diisikan oleh calon peserta didik dari sistem zonasi atau sistem prestasi.

Mekanisme Pendaftaran

  1. Calon peserta didik baru mendaftar pada sekolah pilihan pertama.
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan panitia.
  3. Calon peserta didik baru pada sistem zonasi memilih 2 (dua) pilihan sekolah negeri yang ada di dalam 1 (satu) zona.
  4. Calon peserta didik baru pada sistem berprestasi (akademik maupun non akademik), memilih 2 (dua) pilihan sekolah negeri yang ada di dalam 1(satu) Kabupaten/Kota yang dipilih.
  5. Calon peserta didik baru pada sistem perpindahan tugas orang tua, memilih 2 (dua) pilihan sekolah negeri yang ada di dalam 1(satu) Kabupaten/Kota yang dipilih.
  6. Bagi peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu yang dinyatakan diterima, akan diverifikasi oleh tim dari sekolah dan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan dari BOSDA Provinsi Lampung.
  7. Bagi siswa yang tidak diterima di satuan pendidikan negeri disarankan untuk masuk ke satuan pendidikan swasta, dan bagi siswa yang bersal dari keluarga kurang mampu akan tetap diberikan bantuan biaya pendidikan melalui BOSDA Provinsi Lampung setelah diverifikasi oleh tim.
  8. Point (6) dan (7) hanya berlaku bagi Kabupaten/Kota yang telah melaksanakan Program BOSDA.

Syarat-Pendaftaran

Persyaratan sebagai calon peserta didik baru adalah sebagai berikut:

  1. Telah dinyatakan lulus dan memiliki Ijazah/SKL dari SMP/ MTs/ SMPLB/ Paket B Tahun Pelajaran 2018/2019;
  2. Berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 15 Juli 2019 ( awal Tahun Pelajaran 2019/2020).

Waktu Pendaftaran , Pengumuman , MPLS dan Awal PBM:

Pendaftaran Langsung : 17 – 19 Juni 2019
Pengumuman : 20 Juni 2019
Daftar Ulang : 20 – 22 Juni 2019
MPLS : 15 – 17 Juli 2019
Awal PBM : 15 Juli 2019

Pemberkasan

  1. Mengisi formulir pendaftaran warna putih rangkap 2, dan menyerahkan :
    1) Foto Copy Ijazah/SHUN/Surat Keterangan Lulus dari sekolah asal dan dilegalisir sebanyak 1 lembar, serta menyerahkan aslinya pada sekolah tempat mendaftar.
    2) Foto Copy KTP kedua orang tua masing-masing 1 lembar.
    3) Foto Copy Kartu Keluarga (KK) 1 lembar dan menunjukkan aslinya serta berlaku minimal 1 tahun berjalan (19 Juni 2018).
    4) Jika menggunakan Surat Keterangan Domisili yang dikeluarkan oleh RT dan dilegalisir oleh Lurah/Camat maka harus dilengkapi dengan Surat Keterangan Domisili yang dikeluarkan oleh Disdukcapil Kabupaten/Kota setempat yang menerangkan bahwa peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya surat keterangan domisili (19 Juni 2018).
    5) Pas foto berwarna atau hitam putih ukuran 3 x 4 cm sebanyak 3 lembar.
    6) Dua buah map kertas warna biru.
    7) Materai Rp 6.000,- sebanyak 1 buah
  2. Bagi siswa yang berasal dari keluarga belum mampu kriteria dan persyaratannya akan ditetapkan oleh tim verifikasi setelah dinyatakan diterima.

Demikian informasi berkaitan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Jika ada pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi

Kampus: Jalan Panglima Polem No. 18 Kel. Segala Mider. Bandar Lampung
Email: sman9bdl@gmail.com
Tel: +(62) 721-772-924 / +(62) 721-701-387
Instagram: @sman9bdl
Twitter: @SMALAN_BL
Senin-Kamis; Sabtu: 07.00 – 14.00
Jumat: 06.40 – 11.40
Minggu: Tutup