Wednesday, 13 November 2019 | 4:35 PM

Peringati Hari Asuransi 2019, AAUI Gelar Literasi

Sejuta Polis untuk Negeri

Dalam rangka Hari Asuransi Indonesia yang jatuh pada tanggal 18 Oktober 2019, Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Provinsi Lampung mengadakan berbagai kegiatan. Diantaranya program literasi asuransi dengan tema Sejuta Polis untuk Negeri yang dilaksanakan di Aula SMA Negeri 9 Bandar Lampung pada tanggal 10 Oktober 2019.

Sebelum, AAUI juga mengadakan turnamen olahraga antarasuransi di Provinsi Lampung. Diketahui, AAUI sendiri menaungi 42 Asuran Umum di Sai Bumi Ruwa Jurai.

Ketua AAUI Lampung yang juga sebagai Kacab Asuransi Tokio Marine Indonesia cabang Lampung, Fachrul Mahmudin menjelaskan, pengetahuan masyarakat terhadap asuransi umum saat ini masih jadi pusat perhatian kami para pelaku asuransi umum, sehingga kami melakukan literasi ke sekolah menengah atas dikarenakan kami ingin mengedukasi ke level yang lebih dini mengenai pengetahuan asuransi umum sehingga manfaat asuransi dapat dimengerti oleh semua kalangan baik dikalangan milenial dan juga kami dapat berkontribusi ke masyarakat lebih luas lagi.” katanya.

Dalam program literasi asuransi, lanjutnya, AAUI menyampaikan materi pengetahun mengenai pengertian asuransi. Mulai dari apa saja yang dicover asuransi hingga kelebihan asuransi.”

Kita juga mengajak audiens untuk lebih aktif untuk mengetahui bahwa apa yang kami sampaikan tepat sasaran di kalangan siswa/siswi SMAN 9 Bandar Lampung dan sehingga literasi tentang asuransi ini dapat bermanfaat” jelas Fachrul Mahmudin.

Kepala SMAN 9 Bandar Lampung, Drs. Hi. Suharto, M.Pd mengapresiasi program literasi asuransi yang diadakan AAUI. Menurut, salah satu program sekolahnya berbasis literasi. “Untuk itu, kami merasa bersyukur karena ada pihak dari luar sekolah yang memberikan informasi mengenai literasi asuransi” ujarnya.

Menurutnya, informasi tersebut penting karena dapat menambah pengetahuan, wawasan dan pemahaman tentang bagaimana cara memproteksi diri. Ia berharap dengan kegiatan tersebut, para siswa akan memiliki wawasan yang luas serta persepsi yang positif tentang asuransi.

“Rencananya, literasi ini akan dimasukkan dalam Museum Rekor Indonesia (MURI). Yakni Sejuta Polis untuk Negeri yang dilaksanakan seluruh AAUI se-Indonesia” tambah Fachrul.

Adapun tujuan dilaksanakannya literasi di sekolah adalah untuk mengedukasi sejak dini. Serta memahamkan siswa mengenai ilmu asuransi kepada generasi milenial, sehingga asuransi dapat dijadikan partner dalam kehidupan sehari-hari.