Sunday, 19 August 2018 | 2:19 PM

Pesantren Ramadhan 2018

 

Pesantren kilat atau Pesantren Ramadhan merupakan suatu kegiatan yang sangat positif yang dilakukan dalam rangka membentuk karakter Islami pada siswa di sekolah. Melalui kegiatan ini dapat membina akhlakul karimah diantara para siswa, memperkenalkan kepada siswa untuk menjadikan masjid sebagai wadah mempersatukan umat serta memberikan pendidikan agama islam sejak dini kepada siswa untuk membentengi akhlak dan moralnya agar tidak terpengaruh pada budaya global yang negatif.

Pada hari senin, tanggal 28 Mei 2018 SMA Negeri 9 Bandar Lampung melaksanakan Pesantren Ramadhan dengan tema Membentuk Pribadi Berkarakter Disiplin dalam Beribadah dan Berakhlaqul Karimah.  Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 28-31 Mei 2018, yang dibuka langsung oleh Kepala SMAN 9 Bandarlampung, Drs. H. Suharto, M.Pd yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan kelas XI. Adapun acara kegiatan yang dilakukan di dalam pesantren kilat tersebut adalah antara lain :

1. Tadarus Al Qur’an
Tadarus Al Quran dilaksanakan dengan bimbingan guru serta tutor sebaya. Dengan tadarus Al Qur’an maka siswa akan dilatih agar terbiasa membaca Al Qur’an. Membaca Al Qur’an merupakan sebuah amalan mulia yang dapat mencerahkan lahir batin, sebagai syafaat di hari kiamat, menghindarkan azab kubur dan mendapat petunjuk serta pertolongan dari Allah SWT.

2. Shalat dhuha, dan dzuhur berjamaah
Shalat dhuha dan dzuhur ini dilaksanakan secara berjamaah baik di ruang Aula besar khusus untuk siswi perempuan dan Masjid Assyifa SMA Negeri 9 Bandar Lampung khusus untuk siswa laki-laki. Siswa/Siswi di  SMA Negeri 9 Bandar Lampung dilatih agar melaksanakan shalat dengan tepat waktu. Pesantren Ramadhan ini setiap harinya dimulai dari pukul 07.00 WIB s/d 13.00 WIB setelah shalat dzuhur berjamaah.

3. Praktek tata Cara Berwudhu.
Kegiatan pembelajaran ini dilakukan dengan harapan siswa/siswi SMA Negeri 9 Bandar Lampung dapat mempraktikkan  tata cara berwudhu yang baik dan benar  baik mulai dari melafalkan niat wudhu sampai dengan tata cara berwudhu.