Sunday, 17 December 2017 | 1:17 PM

PTP X Lampung Sambut Siswa Banten ke SMAN 9 Bandar Lampung

Bandarlampung, PTP X Lampung Tbk (Persero) bersinergi menyambut 20 siswa dari Propinsi Banten ke Propinsi Lampung untuk mengikuti program pertukaran pelajar dalam program “Siswa Mengenal Nusantara” (SMN) yang diterima langsung Kepala SMAN 9 Bandarlampung, Jumat, (21/7).

Ketua Pelaksana penyambutan 20 siswa yang juga selaku tuan rumah utusan dari PTP X Bandarlampung, Hendro Suryadi Jumat, (21/7) mengatakan program ini merupakan peluang bagi para siswa mempraktekkan “Digital Mindset”, yakni pola pikir untuk dapat mengakses dan memanfaatkan informasi dari seluruh dunia sehingga memberikan nilai, baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitarnya.

“Para pelajar sebagai duta sekolah dan daerah diharapkan dapat berbagi pengetahuan serta informasi tentang seni budaya, sosial masyarakat, dan ekonomi, sehingga dapat memperkuat rasa persaudaraan, persatuan, serta kesatuan bangsa,” ujar Hendro.
Menurutnya, PTP masuk ke sekolah-sekolah memberikan akses internet dan perpustakaan digital untuk menambah dan membuka wawasan siswa agar lebih kompetitif, khususnya dalam menghadapi persaingan global.

Pada kegiatan SMN 2017, PTP Lampung bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung melakukan seleksi untuk memilih 20 siswa dari seluruh sekolah menengah yang mewakili seluruh kota/kabupaten di Provinsi Lampung.

Pembekalan meliputi wawasan kebangsaan, dan wawasan tentang BUMN serta pengembangan motivasi. Ke-20 siswa asal Lampung tersebut kini telah berada di Banten selama delapan hari.
“ Nah sekarang yang hadir di SMAN 9 Bandarlampung ini, pelajar dari Provinsi Banten guna penukaran pelajar, kalo siswa kita sekarang ada di Banten dan sekarang siswa dari Banten yang study kesekolah ini, Papar Hendro

“Peserta SMN merupakan siswa terbaik di 2 Provinsi yaitu Provinsi Lampung dan Provinsi Banten. Kami percaya para siswa terpilih dapat menjadi duta yang dapat mempelajari budaya lain dan juga menjadi duta bagi budayanya sendiri. Serap budaya Lampung dan jangan lupa transfer budaya Banten terhadap masyarakat Lampung,” ujar Ranta.

Sebaliknya sebanyak 20 SMN dari Propinsi Banten juga didatangkan ke Propinsi Lampung, untuk mengenal budaya dan potensi ekonomi masyarakat Provinsi Lampung dalam program yang sama.

Dalam rangkaian kegiatan di Lampung, para peserta berkesempatan mengunjungi beberapa pelaku Usaha Kripik Singkong di Langkapura, Meseum di Rajabasa, tempat hiburannya Lembah Hijau dan Bukit Mas, Ujar Hendro lagi
Para siswa juga didampingi guru dalam serangkaian kunjungan dan aktivitas, yang meliputi dimensi pendidikan/dunia akademis, dimensi sosial budaya, kesenian, peninggalan budaya dan keragaman alam serta dimensi entrepreneur, termasuk mempelajari potensi ekonomi wilayah setempat.

Program SMN merupakan salah satu program corporate social responsibility (CSR) “BUMN Hadir untuk Negeri” yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Tujuannya menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara, melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan.
Sementara itu, Kepala SMAN 9 Bandar Lampung, Drs. Suharto, M.Pd mengapresiasi PTP X Bandarlampung, yang turut mensukseskan kegiatan yang dilaksanakan, khususnya pelajar di Provinsi Banten. (Red-Rls)

Sumber: Media Merdeka