Tuesday, 22 May 2018 | 12:59 PM

Ratusan Siswa SMP/SMA/SMK Ikuti Smalan Islamic Day IX

Bandarlampung, Mediamerdeka.co- Ratusan pelajar SMP/MTs, SMA/SMK di Bandarlampung, mengikuti Smalan Islamic Day IX, di SMAN 9 Bandarlampung, yang berlansung di halaman sekolah setempat, Sabtu (27/1/2018).

Kegiatan yang digagas OSIS dan Rohis SMAN 9 Bandarlampung ini diisi dengan sejumlah perlombaan, seperti LCT Islami, MTQ, Tahfidz, Dai/Daiyah, Photography, Adzan, dan Kaligrafi.

Ketua Umum OSIS SMAN 9 Bandarlampung, Muhammad Khusnul Kholuq mengatakan Smalan Islamic Day ke –9 merupakan program kerja OSIS yang berkolaborasi dengan Rohis, guna mewujudkan dan memperkuat tali silaturahmi antarpelajar, yang sesuai dengan visi dan misi yaitu “Terdepan dalam Imtek “untuk mewujudkan generasi Islam yang baik.

“Kegiatan ini yang ke-9 kalinya telah kami lakukan dengan sejumlah cabang perlombaan, semoga saja ajang ini bermanfaat bagi pelajar untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pelajar,” katanya saat memberikan sambutannya.

“Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 429 peserta, terdiri dari SMP, SMK dan SMA se- Prorovinsi Lampung, dana yang kami himpun dalam kegiatan ini dari donator walimurid, kewirausahaan osis, dana sekolah dan sponsor sip, “ paparnya.

Sementara Kepala SMAN 9 Bandarlampung Drs, Suharto, M.Pd mengatakan,Pagi ini kita berkompetisi, bersilahturahmi bersama perserta dari tingkat SMP, SMA dan SMK yang ada di Provinsi Lampung ini.

“ Kita ketahui bahwa kegiatan yang laksanakan ini, merupakan ajang dari salah satu impelementasi, baik itu, eksrakurikuler maupun non ekstrakurikuler dengan memperdalam pembelajaran  karakter relegius,”

Kita ketahui bahwa dengan karakter relegius, kita dapat menanamkan nilai-nilai keagamaan yang berdampak positif dengan minat-minat yang lainnya.

Untuk itu dengan visi misi pemerintah dengan meningkatkan kwalitas pendidikan dan meningkatkan mutu pendidikan, ketika SMA dan SMK peralihan ke provinsi Lampung, maka prinsip kita adalah menjadi yang lebih baik, dalam  hal ini, tidak bisa di tawar tawar lagi, papar mantan Kepala SMA Perintis I Bandarlampung ini.

Ditempat yang sama Kabid SMA Disdik Lampung, Diona Katharina, dalam sambutannya mengatakan, Organisasi Intra sekolah atau osis merupakan organisasi yang ada di SMAN 9 Bandarlampung ini, telah membawa misi yang sangat penting dengan nilai-nilai Al’quran sejak usia dini, dan sebagai insan yang berkarakter islami, ditengah eramoderinisasi dan digitalisasi saat ini.

“Esensinya Al’quran sebagai pedoman dan petunjuk yang diturunkan Allah subahallah taala kepada rasullnya wajib disosialisasikan dan dilakukan secara bertahap  dan berkesinambungan salah satunya melalui kegiatan Islamic Day yang dilaksanakan pada hari ini, “ kata Diona

Untuk itu saya, atas nama Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pendidikan dan kebudayaan Lampung mengapresiasi kegiatan Islamic Day ke- 9 ini, dengan harapan kegiatan ini bukan hanya sekedar perlombaan semata tetapi mampu menumbuh kembangkan kecerdasan spiritual anak-anak serta menjadikan nilai-nilai Al’quran sebagai cara pandang hidup sebagai umat beragama khususnya di provinsi Lampung yang kita cintai ini.

Sementara, Ketua Panitia penyelenggara Islamic Day ke-9, Sabikis, S.Pdi saat ditemui saat acara berlangsung,  mengatakan,  kegiatan ini merupakan program unggulan osis dan rohis SMAN 9 Bandarlampung,  antusias kepada peserta itu sangat tinggi sekali, salah satu bukti adanya tamu undangan dari luar daerah yang begitu banyak, dan itu bukti mereka sangat antusias sekali dengan kegiatan yang kami laksanakan ini.

“Selain untuk mengasah keterampilan dan bakat siswa,memang progam kami ini berkesinambungan bahkan kami juga berharap mengudang bukan hanya se-provinsi Lampung saja, tetapi kedepan yang kami undang  se-Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dan ini target kami kedepannya program unggulan osis dan rohis SMAN 9 Bandarlampung, “ papar Sabikis yang sudah lima kali menjadi ketua pelaksana kegiatan Islamic Day, disekolah tersebut.

Menurutnya, tujuan dilaksanakan kegiatan ini, yang pertama, untuk meningkatkan kreativitas siswa,  yang kedua untuk menggali kemampuan siswa dalam bidang keagamaan sehingga mereka akan tertanam dengan harapan mereka tertanam nilai-nilai keislaman nilai-nilai keagamaan, dalam diri mereka masing-masing yang terutama sejak yang mengikuti lomba secara umum siswa-siswi yang lain melihat temannya yang telah ikut berkarya dalam kegiatan relegius ini,  sehingga mereka dapat termotivasi dan tertanam lagi karena ada sahabat atau teman-teman mereka yang berkarya dibidang itu.

Sabikis juga menambahkan dengan pembinaan khusus di SMAN 9 Bandarlampung selama ini, siswa kami, dapat mewakili Lampung guna mengikuti kejuaraan MTQ tingkat Nasional yang berlangsung di Provinsi Aceh, dan siswa kita yang bernama Masdar Habibi siswa kelas XII IPS I (satu) ini meraih juara, dan ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami selaku Pembina di sekolah ini, tuturnya lagi dengan nada (*)