Friday, 23 June 2017 | 7:12 PM

Siswa SMA Indonesia raih emas di lomba matematika pelajar Asia

siswa-sma-indonesia-raih-emas-di-lomba-matematika-pelajar-asiaMerdeka.com – Empat siswa tingkat SMA asal Indonesia memenangi lomba China South East Mathematics Olympiad di Hangzhou, China. Keempat siswa tersebut berhasil bersaing dengan 600 siswa tingkat SMA dari berbagai negara peserta seperti Tiongkok, Hong Kong, Filipina, Macau dan Taiwan.

Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA Ridwan Hasan Saputra menjelaskan, keempat siswa tersebut yakni Rezky Arizaputra Feri asal SMA AL Azhar 1 Kebayoran yang meraih emas, Nicholas Steven Husada dari SMA Saint Peter Jakarta dan Eugehan Agahidwivanka asal SMA Negeri Unggulan MH Thamrin Jakarta yang meraih Perak, dan Ghiffary Abymalik Nasoetion dari SMAN 8 Jakarta meraih perunggu.

“Penghargaan ini mengharumkan nama Indonesia di mata dunia bila kemampuan matematika pelajar sudah tidak bisa dipandang sebelah mata,” kata Ridwan Hasan, di Banten, Senin (4/8).

Walaupun tidak mendapatkan hadiah dari perlombaan ini, tetapi penghargaan yang diraih dapat menjadi bekal untuk pendidikan tingkat tinggi. Penghargaan yang diraih pelajar pun dapat dijadikan motivasi dan pengalaman untuk meraih prestasi lebih tinggi.

“Lomba ini bukan untuk mencari hadiah tetapi menambah ilmu,” ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 14 pelajar Indonesia berhasil meraih medali emas dalam lomba International Mathematics Contest (IMC) di Singapura pada tanggal 1-4 Agustus 2014. Jumlah peserta yang dikirimkan yakni 129 siswa terdiri dari siswa kelas 3 SD sampai kelas 11 SMA.

Sedangkan total peserta yang ikut dalam kompetisi tersebut mencapai 1.165 siswa dari sembilan negara yakni Tiongkok, Indonesia, Iran, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, dan Thailand.