Friday, 23 June 2017 | 7:11 PM

Tumbuhkan Kebersamaan, SMAN 9 Bandarlampung Gelar Outbound

Guna menumbuhkan rasa kebersamaan sekaligus memotivasi siswa dalam menerapkan sikap kepemimpinan, SMA Negeri  9 Bandarlampung menggelar kegiatan outbound atau permainan mengatasi rintangan di alam terbuka. Outbound yang dilaksanakan di kawasan kompleks militer Brigif 3 Marinir Piabung, Kabupaten Pesawaran itu berlangsung 8 sampai 10 April 2016.

outbond2016

Ketua pelaksana kegiatan Lela Umar mengatakan, outbound  tersebut diikuti  202 siswa. “Ini agenda rutin yang kita laksanakan tiap tahun. Tujuannya menumbuhkan   sikap  saling mendukung dan kekompakan siswa  dalam mengembangkan kemampuan dan kreativitas mengatasi berbagai permasalahan atau rintangan,“ kata Lela, Minggu (10/4).

Dia menerangkan,outbound  merupakan bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana, tetapi efektif karena tidak sarat dengan teori melainkan penerapan langsung. Outbound merupakan salah satu metode pembelajaran modern yang memanfaatkan keunggulan alam. Peserta outbound tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensi, tetapi juga fisik dan mental,“ terangnya.

Hal senada dikatakan, Wakil Kepala  SMAN 9 Bandarlampung, Idra Suciani. Menurut dia, selain melatih kekompakan dan kepemimpinan dalam mengatasi  berbagai permasalahan, outbound tersebut merupakan ajang silahturahmi antara siswa. “Mudah-mudahan melalui kegiatan ini  rasa kebersamaan dan silaturahmi antar siswa akan semakin erat untuk meraih prestasi  akademik dan non akademik,“ harapnya.(*)