Monday, 20 November 2017 | 7:28 AM

Upacara Kesaktian Pancasila

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di pelataran sekolah SMA Negeri 9 Bandar Lampung ini diikuti oleh seluruh civitas akademika baik itu Guru, TU, dan siswa-siswi kelas X, XI dan XII serta Regu Paskibra sebagai pengibar bendera.

Upacara bendera dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila, Bpk. Sunardi, S.Pd., M.Pd selaku pembina upacara mengatakan bahwa pelaksanaan upacara di sekolah ini sebagai wujud mengenang kembali sejarah kelam yang dialami bangsa Indonesia atas pengkhianatan PKI yang ingin mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi komunis. Untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan baik dari TNI AD maupun dari keluarganya.

“Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Sekolah ini sebagai wujud untuk mengenang kembali adanya tragedi Nasional, dengan sebutan G 30 S/PKI pada tahun 1965 yang telah memakan korban gugurnya beberapa Jenderal TNI-AD dan seorang Pama TNI-AD akibat kejamnya ulah anggota PKI.” Ujar Bpk. Sunardi.


Selain itu peringatan tersebut merupakan bentuk penghormatan kepada para Pahlawan Kusuma Bangsa Indonesia yang telah gugur dalam menegakkan dan mempertahankan kedaulatan NKRI dari segala bentuk rongrongan, serta penindasan para penjajah dan pemberontak yang menginginkan Indonesia hancur dan diisi oleh kehendak mereka yang salah satunya adalah, menetapkan ideologi komunis di negara Indonesia.

Dengan gagalnya usaha kaum komunis yang juga disebut Gestok (Gerakan Satu Oktober) mereka tidak berhasil menanamkan ideologi komunisnya di Indonesia.

Maka tercetuslah kesepakatan Nasional bahwa pada tanggal 1 Oktober dikukuhkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila, yang setiap tahunnya wajib diperingati oleh Bangsa Indonesia.