- Aksi Donor Darah di SMA Negeri 9 Bandar Lampung (1 bulan yang lalu)
- Polwan Goes To School di SMA Negeri 9 Bandar Lampung (1 bulan yang lalu)
- Sosialisasi Pengenalan Bank Bukopin untuk Pelajar di SMAN 9 Bandar Lampung (1 bulan yang lalu)
- Remaja Berdaya: Langkah Cerdas Menuju Masa Depan Gemilang dengan Bimbingan Perguruan Tinggi (1 bulan yang lalu)
- Upacara Bendera Senin 19 Agustus 2024: Kapolsek Tanjung Karang Barat, AKP. Ono Karyono, S.H., M.H., Beri Pesan Penting kepada Siswa (1 bulan yang lalu)
- Upacara HUT RI ke-79: Perayaan Budaya dan Semangat Kebangsaan dalam Keberagaman (1 bulan yang lalu)
- Lomba Guru Semarakkan HUT RI ke-79 di SMAN 9 Bandar Lampung (1 bulan yang lalu)
- SMAN 9 Bandar Lampung Gelar Apel Hari Ulang Tahun Pramuka ke-63 (1 bulan yang lalu)
- Pemilihan Ketua OSIS SMAN 9 Bandar Lampung Periode 2024/2025: Langkah Demokrasi di Kalangan Pelajar (2 bulan yang lalu)
- Rapat Rutin SMA Negeri 9 Bandar Lampung (2 bulan yang lalu)
- Debat Seru Pemilihan Ketua OSIS SMA Negeri 9 Bandar Lampung (2 bulan yang lalu)
- KSPM Goes To School: Meningkatkan Literasi Keuangan di SMAN 9 Bandar Lampung (2 bulan yang lalu)
- Pieter Wenesdy Octaviano Arta: Siswa Berprestasi dari SMAN 9 Bandar Lampung Juara Olimpiade Bahasa Prancis Nasional! (2 bulan yang lalu)
- Peringatan 1 Muharram 1446 H : Momentum Kebangkitan Spiritual (2 bulan yang lalu)
- Keselamatan Berkendara di Jalan Raya: Pesan Penting dari Upacara Bendera SMAN 9 Bandar Lampung (2 bulan yang lalu)
SKS dalam Standar Isi diartikan sebagai sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya menentukan sendiri beban belajar dan mata pelajaran yang diikuti setiap semester pada satuan pendidikan. Beban belajar setiap mata pelajaran pada sistem kredit semester dinyatakan dalam satuan kredit semester (sks). Beban belajar satu sks meliputi satu jam pembelajaran tatap muka, satu jam penugasan terstruktur, dan satu jam kegiatan mandiri tidak terstruktur.
SKS memberi kemungkinan layanan yang lebih variatif dan fleksibel sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat peserta didik. Oleh karena itu, penerapan SKS diharapkan bisa mengakomodasi kemajemukan potensi peserta didik. Melalui SKS, peserta didik juga dimungkinkan untuk menyelesaikan program pendidikannya lebih cepat dari periode belajar yang ditentukan dalam setiap satuan pendidikan.
Penyelenggaraan SKS di SMAN 9 Bandarlampung merupakan suatu upaya inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pelaksanaan SKS perlu didukung pengelolaan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Efektif dalam arti dapat menghasilkan pembelajaran yang fokus sesuai dengan karakter mata pelajaran. Efisien memiliki arti pendidik dan peserta didik bisa melaksanakan proses pembelajaran dengan tepat dan cermat sesuai dengan kewajiban masing-masing.
Naskah Panduan Pelaksanaan SKS di SMAN 9 Bandarlampung sedang dalam tahap penyusunan oleh Tim Pengembang Kurikulum bertujuan sebgai panduan pelaksanaan SKS d sekolah. Panduan ini menguraikan tentang pengertian, prinsip, prosedur penyelenggaraan SKS, komponen beban belajar, penetapkan beban belajar, beban belajar minimal dan maksimal, komposisi beban belajar, kriteria pengambilan beban belajar, serial mata pelajaran, penilaian, penentuan indeks prestasi, dan kelulusan, dan pelaksanaan moving class. Diuraikan pula tentang strategi, implementasi dan evaluasi pelaksanaan.
Dalam rangka persiapan pelaksanaan SKS di SMAN 9 Bandarlampung, SMAN 9 Bandarlampung kini giat melaksanakan workshop serta pelatihan tentang pelaksanaan SKS, dan melakukan studi banding ke SMAN 78 Jakarta.